Categories: Religi

Hadist tentang Kebersihan dan Cara Menjaga Kebersihan ala Nabi

Islam merupakan salah satu agama yang sangat indah. Islam mengajarkan bagaimana untuk hidup dengan baik dan benar. Salah satu yang diajarkan oleh Islam yaitu menjaga kebersihan. 

Ada banyak sekali cara menjaga kebersihan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadist tentang kebersihan. Satu diantara hadist nabi yang paling banyak diketahui yakni kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

Hadist ini sudah menjadi salah satu hadist yang banyak diketahui oleh sebagian besar orang Muslim.  Menjaga kebersihan merupakan salah satu bagian dari keimanan. 

Sehingga menjaga kebersihan harus diajarkan sejak kecil. Menanamkan menjaga kebersihan sejak dini sangatlah penting. Menjaga kebersihan juga merupakan salah satu modal dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan menanamkannya sejak kecil, seorang anak akan tumbuh dengan memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihannya. Lantas bagaimanakah cara menjaga kebersihan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW? Berikut ini hadist dan cara menjaga kebersihan ala Rasulullah.


Cara Menjaga Kebersihan ala Rasulullah SAW

Cara pertama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kebersihan yaitu dengan mencuci tangan. Mencuci tangan menggunakan sabun sangatlah penting supaya tangan menjadi bersih dan terhindar dari kuman dan virus. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tangan digunakan untuk beraktivitas. Mulai dari makan, minum, bekerja, mencuci dan sebagainya. 

Tangan digunakan untuk memegang sesuatu dan melakukan banyak pekerjaan. Ketika memegang suatu benda, tangan tentu sudah menjadi kotor dan mudah tertempel kuman atau virus penyebab penyakit. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga kebersihan yaitu dengan mencuci tangan. Berikut ini adalah Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang cuci tangan.

“Apabila salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya ia menuangkan air ke atas tangannya tiga kali sebelum memasukkan (tangannya) ke dalam bejana, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya berada (saat tidur).”

Baca juga: Mari Pelajari Sifat Wajib Al Fatanah Milik Rasul yang Patut Dicontoh Umat Muslim


Selain mencuci tangan, salah satu cara menjaga kebersihan ala Rasulullah SAW yang bisa diajarkan sejak dini yaitu menjaga kebersihan dengan mandi. Anda bisa mandi dua kali sehari supaya membersihkan badan dari kuman dan virus. 

Menjaga kebersihan juga sama dengan menjaga kesehatan. Dengan mandi, Anda tidak hanya membuat tubuh menjadi bersih dan harum saja, tetapi juga membersihkan dari kuman dan virus setelah beraktivitas seharian.

Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.”


Cara menjaga kebersihan ala Rasulullah yang bisa diterapkan sejak dini yaitu dengan bersiwak. Bersiwak adalah kegiatan membersihkan mulut menggunakan siwak. 

Siwak yaitu semacam akar pohon yang telah dilembutkan ujungnya. Besiwak bertujuan untuk menjaga mulut supaya tetap bersih dan tidak bau. 

Mulut merupakan salah satu sumber dari segala penyakit sehingga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa mengganti bersiwak dengan menggosok gigi. 

Bersiwak dan menggosok gigi juga sangat penting dilakukan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan supaya tidak bau dan menjadi sarang kuman. Bersiwak atau membersihkan mulut juga dijelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari, Rasulullah SAW Bersabda:

“Sekiranya tidak memberatkan umatku atau manusia, niscaya aku akan perintahkan kepada mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) pada setiap kali hendak shalat”.

Baca juga: Mempelajari Lebih Jauh Seputar Bacaan Doa Qunut

Kokohpedia

Recent Posts

Doa Masuk Raudhah, Raih Keberkahan dan Keutamaannya!

Raudhah, sebuah tempat yang sangat mulia dan istimewa di dalam Masjid Nabawi, Madinah, menjadi tujuan…

5 hours ago

Destinasi Wisata Lampung, Mengungkap Keindahan dan Keunikan!

Lampung, provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, menawarkan pesona alam yang memikat serta…

2 weeks ago

Penyebab Vertigo, Gangguan pada Sistem Keseimbangan Tubuh!

Vertigo adalah kondisi yang membuat seseorang merasa pusing atau berputar-putar, bahkan ketika sedang berada dalam…

3 weeks ago

Tips Mengatasi Overthinking: Kunci Meredakan Belitan Pikiran!

Apakah pernah merasa pikiranmu terjebak dalam belitan overthinking? Saat kita terus-menerus memutar pikiran tentang masa…

4 weeks ago

Game PS1 Perang, Kembali ke Medan Tempur Klasik!

Pernahkah kamu merasakan sensasi adrenalin saat berperang di dunia virtual? Menembakkan peluru, menghindari serangan musuh,…

1 month ago

Apa Itu Playing Victim? Perilaku Manipulatif Secara Sengaja

"Playing victim" adalah istilah yang merujuk pada pola perilaku di mana seseorang secara sengaja atau…

2 months ago