Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh dengan Mudah, Cek di Sini!

Sumber: Tokopedia

Bisa dikatakan, koneksi internet sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang. Hal itu dikarenakan koneksi internet tidak hanya untuk hiburan saja, tetapi juga dibutuhkan dalam bisnis hingga dunia pendidikan.

Salah satu cara mendapatkan koneksi internet adalah dengan memakai jaringan Wifi karena secara sinyal jauh lebih kuat dibandingkan memakai  sim card. Akan tetapi, pada beberapa momen, terkadang kita sulit mendapatkan jaringan Wifi padahal letaknya berdekatan.

Untuk mengetahui cara memperkuat sinyal Wifi, simak ulasannya di bawah ini.

1. Pakai Router Versi Terbaru

Sumber: El Periodico

Cara pertama memperkuat sinyal Wifi adalah dengan memakai router versi terbaru. Hal ini bisa terjadi karena router tetaplah sebuah alat elektronik sehingga cepat atau lambat bisa rusak karena usia.

Teknologi yang dipakai pada router Wifi biasanya ditulis dengan tipe seperti A, B, G, dan terakhir N. Pada bagian ini, pastikan saat membeli router sudah mendukung teknologi terbaru dan juga tercepat seperti tipe N.

Selain itu, tipe router juga dapat menjelaskan tentang teknologi hardware yang dipakai pada komponen Wifi.  Maka dari itu, solusi utama dalam masalah ini adalah dengan upgrade perangkat jaringan Wifi yang dipakai.

2. Pindahkan Lokasi Router

Sumber: ComputerHoy.com

Cara lainnya adalah dengan memindahkan lokasi router agar sinyalnya bisa lebih kuat. Perlu kamu perhatikan bahwa dalam pemasangan sebuah router, tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Untuk itu, pastikan router berada pada lokasi yang lebih terbuka dan juga sangat minim penghalang seperti dinding. Kamu bisa letakan router pada ruang tengah, meja, dinding, atau langit-langit agar sinyal Wifi tidak mendapatkan halangan.

3. Jauhkan router dari berbagai perangkat elektronik

Sumber: Crast.net

Kamu harus tahu bahwa perangkat elektronik ternyata dapat mempengaruhi kekuatan sinyal Wifi pada router. Oleh sebab itu, sebaiknya jauhkan router dari perangkat elektronik lainnya seperti microwave, TV, Speaker, radio, telepon wireless, dan berbagai alat elektronik lainnya.

Sama halnya dengan poin sebelumnya bahwa akan lebih baik kalau router disimpan pada tempat yang strategis dan jauh dari berbagai perangkat elektronik. Meskipun begitu, bukan berarti kamu menyimpan router di atas langit-langit karena akan sangat sulit dijangkau ketika ada permasalahan.

Baca juga: Daftar HP Android dengan Kamera Terbaik

4. Lakukan Update Firmware

Sumber: ComputerHoy.com

Firmware dalam memperkuat sinyal Wifi ini seperti program yang ada pada komputer dan juga smartphone Android. Perangkat hardware yang tidak mempunyai firmware tidak akan bisa berjalan dengan seharusnya.

Maka dari itu, saat ada informasi update firmware terbaru, kamu lakukan update secepatnya. Hal itu dikarenakan update firmware bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan dan juga bug yang terjadi pada firmware versi sebelumnya.

5. Kontrol Bandwidth

Sumber: Telset.id

Pada dasarnya ada beberapa layanan internet yang memberikan FUP atau Fair Usage Policy atau sering juga disebut sebagai batas pemakaian wajar. Artinya adalah saat batas kuota sudah mencapai  batas FUP, maka kecepatan kecepatan koneksi internet akan berkurang dengan sendirinya.  

Maka dari itu, kamu bisa melakukan pembatasan bandwidth sehingga koneksi internet tidak menjadi lambat. Dengan mengontrol bandwith secara baik, maka koneksi internet melalui jaringan Wifi masih tetap cepat untuk aksesnya.

6. Ganti Channel Wifi

Sumber: Hot Liputan6.com

Cara terakhir untuk memperkuat sinyal Wifi adalah dengan ganti channel Wifi. Tujuannya adalah agar tidak terjadi gangguan antar jaringan Wifi pada suatu lokasi tertentu.

Perlu kau ketahui bahwa setiap modem dan router memakai frekuensi 2.4 Ghz dan 14 channel yang bisa digunakan. Maka dari itu, kamu bisa memilih channel yang kosong atau penggunanya sedikit sehingga tidak jadi rebutan sinyal.

Demikian cara memperkuat sinyal Wifi yang jauh dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: HP Android Kamera Terbaik Bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *