Komik Godam merupakan komik asli buatan orang Indonesia yang sangat populer pada tahun 90an. Godam adalah tokoh utama komik karya Widodo Noor Slamet atau biasa dikenal dengan Wid NS.

Identifikasi Komik

Penerbit: Penerbit Kentjana Agung

Terbit perdana: tahun 1969

Pencipta: Widodo Noor Slamet

Genre: Fantasi

Karakter Komik

Nama Karakter: Awang

Spesies: Manusia

Rekan Perjuangan: Aquanus, Gundala, Maza, Tira, Merpati, Boga, Kalong, Jin Kartubi, Sembrani, dan Pangeran Mlaar.

Latar Belakang Komik

Komik Godam muncul pertama kali dalam judul “Memburu Doktor Setan” di tahun 1969. Ketika membaca komik ini, sangat jelas terlihat bahwa desain karakter dan jenis kekuatannya adalah hasil pengaru dari komik superhero Amerika meskipun alur ceritanya bergaya lokal.

Lokasi cerita juga sering digambarkan terletak di kota Yogyakarta. Meskipun terbit bertahun-tahun lalu, ternyata Godam adalah karakter komik yang cukup populer di Indonesia di samping komik Si Buta dari Gua Hantu, Gundala dan Panji Tengkorak. 

Sinopsis 

Tokoh Godam merupakan sosok yang berasal dari dimensi lain di mana terdapat negeri yang bernama Godam. Dikarenakan dia melawan terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang ketika itu masih bayi putra bangsawan dari negeri Godam akhirnya menjadi buronan sebagaimana sama dengan kedua orang tuanya yang telah dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

Dalam masa pelariannya, dia mendapatkan benda-benda sakti berupa baju sakti di mana baju tersebut dapat menjadikannya sangat kuat dan kebal. Selain itu, terdapat pula kain bendera yang bisa membuatnya terbang.

Namun karena sumpah kepada Dewi Pengasuh Sukma dilanggar olehnya yakni tidak boleh menyebabkan terbunuhnya seseorang, mengakibatkan Godam dikurung dalam cincin sakti. Padahal Putra Candalani bunuh diri karena malu kalah melawan Godam.

Dalam komik ini, Godam memiliki musuh bebuyutan yang bernama Roh Doktor Setan atau Roh Setan yang berwujud kalung berlionton batu permata. Permusuhan mereka telah dimulai saat sebelum Awang terpilih menjadi tubuh manusia Godam. 

Sudah terdapat banyak sekali kejadian-kejadian perkelahian antara Godam dengan Roh Doktor Setan seperti yang ada dalam kasus “Mencari Jejak Mayan, tahun 1970”, “Sinar Mata-X, tahun 1973,” serta “Panik, tahun 1976”.

Serial Komik Godam

Dari sejak muncul pertamakalinya pada 1969, komik ini telah menciptakan berbagai serial komik Godam hingga tahun 1980. Adapun serial-serial Godam sebagai berikut:

Memburu Doktor Setan Tahun 1969

Godam Gadungan Tahun 1969

Godam vs Kaum Teroris Tahun 1969

Mencari Jejak Mayat Tahun 1970

Godam dengan Raksasa Colosy Tahun 1970

Robot Penakluk Tahun 1972

Mata Sinar X Tahun 1973

Bocah Atlantis Tahun 1975

Black Magic Tahun 1975

Panic Tahun 1976 

Sang Kolektor Tahun 1978

GAS tahun 1978

Bregota tahun 1979, edisi khusus ulang tahun ke-10 dengan komik full color

Tirani Biru di Negeri Godam Tahun 1980

Setan Tahun 1980

Godam Reborn

Selang beberapa tahun  yakni tahun 2006, putra dari Wid NS, Fajar Sungging Pramodito bersama-sama dengan Metha Studio Jogja telah membuat komik Godam Reborn yang bertujuan sebagai usaha menghidupkan kembali tokoh Godam.

Kemudian tahun 2008, muncul kembali Godam Reborn 2 Jodoh Buat Awang yang merupakan lanjutan dari Godam Reborn sebelumnya. tidak hanya itu, pengarang sekaligus pencipta dari Komik Gundala yakni Hasmi juga ikut berpartisipasi dalam membuat panel skenario.

Selanjutnya terdapat kisah pamungkas dari trilogi Godam Reborn yang berjudul Godam Reborn 3: Godam vs Godam yang dibuat oleh:

Sungging: penulis skenario

Hasmi: pensil

Jink: pensil, tinta dan warna

Arieswendha: warna

Berny Julianto: warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *