Memang teknologi itu di sisi lain bisa membantu dan mempermudah segala aktivitas manusia, namun di sisi lain teknologi juga memiliki dampak buruknya jika digunakan secara tidak proporsional. Kalu diibaratkan teknologi ini seperti pisau, pisau ini bisa bermanfaat jika digunakan untuk memotong sayuran, daging, dan buah-buahan. Namun pisau ini bisa menjadi berbahaya jika dipegang oleh anak-anak atau orang gila, karena pisau tersebut bisa melukai dirinya maupun orang lain. Begitupun teknologi, bisa bermanfaat jika digunakan proporsional, namun bisa buruk jika digunakan tidak proporsional.
Salah satu contoh dari teknologi yang disalahgunakan adalah teknologi gadget. Dengan teknologi gadget banyak orang yang menggunakannya untuk hal-hal yang kurang baik, selain itu gadget juga memiliki dampak negatifnya bagi kepribadian seseorang. Berikut dampak negatif dari teknologi gadget :

1. Banyaknya Berita Fitnah / Hoax

Kalau melihat ke belakang  5-10 tahun yang lalu, kehidupan masyarakat Indonesia terasa adem ayem tidak ada kegaduhan, karena tidak dihebohkan dengan berita-berita yang menyesatkan atau berita hoax. Namun pada saat ini, bisa kita lihat bagaimana sering terjadinya kegaduhan yang sangat luar biasa, terutama di media sosial. Hal ini dikarenakan dengan banyak beredarnya berita-berita hoax di media sosial yang menjadi konsumsi publik sehari-hari. Apalagi pda tahun ini 2019, yang merupakan tahun politik tentunya berita-berita hoax akan semakin merajalela di negeri ini. Untuk itu kita harus lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial.

2. Suka Mengumbar Aurat

Kalau jaman dulu yang namanya mengumbar aurat itu merupakan sesuatu yang tabu atau pamali (kata orang Sunda) bagi masyarakat Indonesia. Karena hal tersebut termasuk melanggar norma-norma yang ada, baik itu norma agama, norma budaya, dan norma sosial. Namun pada saat ini, banyak sekali para kaum wanita yang mengumbar auratnya di media sosial, baik itu berupa foto maupun video, sehingga kemolekan tubuhnya menjadi konsumsi publik. Dan inilah salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat. Dimana perzinahan sudah merajalela dan orang sudah tidak malu lagi untuk melakukan hal cabul tersebut.

3. Menurunkan Keterampilan Menulis

Hal ini dikarenakan pada penggunaan online chatting dan cara pintas (shortcuts) yang berlebihan, sehingga membuat kemampuan menulis generasi muda saat ini sangat menurun dengan drastis. Anak-anak pada saat ini benar-benar bergantung pada komunikasi digital sehingga mereka menjadi lupa tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Mereka tidak tahu tentang ejaan kata-kata yang berbeda, dan bagaimana cara menggunakan tata bahasa dengan baik dan benar atau bagaimana melakukan penulisan kursif.

4. Mementingkan Gadget

Ada istilah yang mengatakan “yang dekat terasa jauh, dan yang jauh terasa dekat” Itulah salah satu ungkapan yang cocok disematkan untuk menggambarkan bahwa teknologi ini dalam hal ini gadget, telah merubah perilaku seseorang. Yang mana dengan gadget ini mungkin anda bisa atau sering berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh melalui media sosial, namun anda melupakan orang-orang yang ada disekitar anda, yang justru jarang untuk berkomunikasi dengan mereka dikarenakan anda sibuk sendiri dengan gadget anda.

Oleh karena itu jika anda menggunakan gadget, maka gunakanlah gadget ini dengan bijak. Gunakan gadget ini untuk hal-hal yang positif saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *