Huawei P20 Pro
Huawei ikut meramaikan pasar smartphone yang mengedepankan sektor kamera dengan merilis Huawei P20 Pro. Vendor smartphone asal Cina ini merilis Huawei P20 Pro di Grand Palais, Paris.

Produsen ponsel nomor tiga setelah Samsung dan Apple ini, untuk pertama kalinya memilih Paris sebagai tempat peluncuran produk mereka.

Hal ini dikarenakan operator dan pengecer yang berada di AS sudah berhenti menjual perangkat Huawei yang mendasari alasan Eropa dipilih untuk konferensi pers.

Huawei P20 Pro sendiri merupakan versi pro dari P20 yang juga secara resmi dirilis pada 27 Maret 2018 lalu.

Dengan mengusung tagar #SEEMORE, Huawei P20 Pro sangat mengunggulkan sektor kamera yang memiliki tiga kamera dibagian belakang.

Selain itu, smartphone ini juga dibuat dengan spesifikasi kelas atas sehingga wajar jika Huawei P20 Pro dapat dimasukkan dalam jajaran ponsel flagship.


Sektor menarik dan mencuri perhatian publik dari Huawei P20 Pro adalah penggunaan tiga kamera belakang dengan resolusi dan fungsi masing-masing, yaitu:

  1. Resolusi 40MP bukaan f/1.8 OIS yang dilengkapi dengan sensor RGB untuk pengambilan detail warna. Dengan kamera ini gambar yang dihasilkan lebih nyata dan detail yang lebih maksimal. Kamera ini masih dilengkapi dengan fitur 5x pembesaran (Hybrid Zoom) tanpa mengurangi hasil gambar yang diambil.
  2. Kamera dengan resolusi 20MP bukaan f/2.4 yang dilengkapi dengan sensor monokrom. Dengan kamera ini, Huawei P20 Pro dapat menghasilkan gambar hitam putih, efek bokeh yang lebih cemerlang serta dapat menangkap subjek dengan jarak yang jauh.
  3. Yang terakhir kamera dengan resolusi 8MP yang dilengkapi dengan lensa telefoto.
Ketiga kamera ini dipasok oleh perusahaan Leica, produsen kamera asal Jerman. Perusahaan ini sudah terkenal dengan kamera dan lensanya yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang tinggi.
Selain itu, ketiga kamera ini juga dilengkapi dengan fitur AF Laser dan sensor IR-RGB. Huawei P20 Pro dapat digunakan untuk mengambil video Slow-Mo hingga 960fps dengan resolusi 720p.


Kamera pada Huawei P20 Pro juga disematkan dengan fokus prediktif 4D. Prediktif 4D dapat memfokuskan detail yang sangat kecil pada benda yang bergerak.
Selain tiga kamera belakang tersebut, Huawei P20 Pro juga disematkan dengan kamera depan yang mempunyai resolusi 24MP.


Jadi total kamera yang ada pada Huawei P20 Pro berjumlah empat buah. Kamera depan ini ditujukan bagi pengguna yang menyukai kegiatan selfie karena dilengkapi dengan bukaan f/2.0.


Teknologi kamera tersebut dilengkapi dengan layar berukuran 6.1 inci yang memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2244 pixels serta aspek rasio 18.7:9. Layar yang digunakan memiliki kualitas bezelless yang dapat dibilang cukup sempurna.


Pada produknya kali ini, Huawei menempatkan panel AMOLED dengan kepadatan pixels 408 ppi dan sudah dilapisi dengan LTPS (Low Temperature Poly Silicon).


Layar ini juga memiliki teknologi 2.5D Curved Glass yang memberikan kesan elegan. Desain Huawei P20 Pro dibuat sangat mewah dengan memanfaatkan bahan full aluminium alloy.


Dimensi smartphone ini 155 x 73.9 x 7.8 mm dengan bobot 180 gram. Untuk dapur pacu, Huawei P20 Pro ditanami Chipset Hisislicon Kirin 970 dan Prosesor Octa core (4×2.4 GHz Cortex-A73 dan 4×1.8 GHZ Cortex-A53)


GPU Mail-G72 MP12 dengan sistem operasi OS Android Oreo 8.1. Huawei P20 Pro sudah mengantongi sertifikat IP67 yang membuat smartphone ini dapat bertahan di dalam air dengan kedalaman maksimal satu meter selama 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *