Selain memiliki beragam tempat wisata yang unik dan menarik, Samarinda juga mempunyai beragam kuliner dengan citarasa yang bisa menggugah selera. Lalu apa saja kuliner khas Samarinda? Berikut 7 aneka masakan nusantara khas Samarinda : 

Ayam Cincane

Masakan khas Samarinda yang pertama adalah Ayam Cincane. Yang mana, Ayam Cincane ini merupakan ayam kampung yang dibakar dan disajikan dengan sambal tomat. Jika dilihat secara sekilas, masakan ini memang terlihat seperti ayam balado karena warnanya yang merah. 

Walaupun begitu, makanan ini memiliki citarasa yang berbeda karena penggunaan bumbu-bumbu khas terutama dari segi rempah yang dilumuri sebelum dibakar. Daging ayamnya sangat empuk dan lembut karena telah melewati proses perebusan terlebih dahulu. Ayam Cincane ini biasanya disajikan pada acara resmi seperti pernikahan. 

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Ayam Goreng Ungkep

Sup Ikan Akmal

Masakan khas Samarinda selanjutnya adalah Sup Ikan Akmal. Nam Akmal sendiri diambil dari sebuah nama restoran legendaris di Samarinda. Yang mana, restoran ini menjadi rujukan bagi par pelancong yang berkunjung ke kota Samarinda. 

Masakan khas Samarinda ini berbahan dasar dari ikan patin yang diolah dengan menggunakan bumbu bumbu khas sehingga menciptakan citarasa yang asam pedas dan nikmat. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan kuliner pedas dan menyegarkan.

Bubur Pedas

Bubur Pedas ala Samarinda ini cukup unik dengan citarasa yang menggugah selera. Bubur ini terbuat dari bahan dasar beras yang disangrai bersama kelapa parut, lalu dimasak dalam air mendidih bersama tetelan daging serta aneka sayuran. 

Dengan adanya tambahan daun kesum sehingga bubur ini akan memberikan sensasi pedas yang khas. Yakni aroma harum sedikit menyengat dengan rasa yang asam. Agar lebih nikmat, anda bisa menyantap bubur ini dengan tambahan ikan teri goreng, jeruk sambal, kecap dan kacang tanah. 

Soto Banjar

Makanan khas Samarinda yang berkuah ini terdiri dari dari ayam yang telah disuwir kecil-kecil, perkedel kentang, sahun rebus, potongan telur dan daun seledri. Ciri khas dan yang menjadi pembeda dengan soto-soto lainnya adalah aroma rempah dari kayu manis, cengkeh dan biji pala yang membuat citarasanya menjadi semakin menggoda.  

Gence Ruan

Masakan khas Samarinda lainnya yang patut anda coba adalah Gence Ruan. Gence Ruan ini adalah makanan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari bahan utama ikan haruan atau ikan gabus. 

Tampilannya yang cukup menarik dengan warnanya yang merah yang bisa menggugah selera makan anda. Warnanya yang terang menyala ini berkat adanya penggunaan rempah-rempah. 

Agar rasanya semakin nikmat, sebaiknya anda menyantap makanan yang satu ini selghi masih hangat. 

Nasi Kuning

Pada dasarnya, makanan khas Samarinda yang satu ini tidak jauh berbeda dengan nasi kuning lainnya di daerah lain. Nasi Kuning khas Samarinda ini dibuat dengan campuran kunyit dan santan lalu disajikan dengan tambahan telor, ikan, ayam atau daging, lauk tempe dan sayur tomat atau mentimun. Nasi kuning seringkali dinikmati pagi hari atau untuk acara penting sebagai nasi tumpeng.

Nasi Bekepor

Pada awalnya Nasi Bekepor ini lebih populer sebagai makanan utama bagi kerajaan Kutai Kertanegara. Dari segi tampilan makanan ini mirip denga nasi uduk yang berisikan nasi putih, ikan asin, minyak sayur dan taburan berbagai rempah-rempah. 

Masakan khas Samarinda yang satu ini biasanya disajikan dengan sambal raja, yakni sebuah perpaduan enam jenis sambal khas Kalimantan Timur yang disatukan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *