Ilmu merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kehidupan. Seseorang yang tidak memiliki ilmu akan menjadi buta atau tidak memiliki wawasan. 

Sehingga tak sedikit orang akan menuntut ilmu hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam agama Islam, menuntut ilmu juga merupakan keharusan. Hal ini banyak disebutkan di berbagai hadist menuntut ilmu

Pentingnya menuntut ilmu di era modern saat ini yakni selain bisa memberikan wawasan, menuntut ilmu juga dapat meningkatkan derajat seseorang. Lantas, apa sajakah keutamaan ilmu sehingga setiap insan harus mempelajari ilmu sejak lahir hingga akhir hayat?


Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Hadist

Dalam agama Islam, menuntut ilmu sangatlah penting. Setiap insan yang terlahir di dunia ini dalam keadaan polos dan suci serta tidak memiliki pengetahuan. 

Oleh karenanya, belajar dan menuntunt ilmu merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Ilmu memiliki keutamaan dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi seseorang terlebih bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya.

  • Diangkat Derajatnya

Bagi siapa saja yang menuntut ilmu, Allah menjanjikan akan mengangkat derajat orang tersebut. Hal ini disebutkan pada Al-Qur’an surah AL Mujadalah ayat 11. Allah berfirman yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang berilmu sampai beberapa derajat.”


Baca juga: Hadist tentang Kebersihan dan Cara Menjaga Kebersihan ala Nabi

  • Kewajiban Seorang Muslim

Pada dasarnya, menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang tidak hanya dilakukan oleh orang Muslim saja. Setiap individu diwajibkan untuk menuntut ilmu supaya memperkaya wawasan dan menambah kecerdasan. 

Menuntut ilmu bagi para Muslim bersifat wajib. Hal ini tercantum pada suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah yakni “Thalabul ‘ilmi faridhatun ‘ala kulli muslim” hadist ini berarti “menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” Sehingga siapa saja baik itu perempuan maupun laaki-laki Muslim wajib menuntut ilmu.

  • Amalan yang Tidak pernah Putus

Ilmu merupakan salah satu amalan manusia yang tidak akan pernah putus. Ketika seseorang menuntut ilmu dan mengamalkan atau mengajarkan ilmunya kepada orang lain maka hal tersebut masih menjadi amalan orang tersebut merskipun sudah meninggal dunia. 

Sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist riwayat Muslim No. 1631 yang berisikan bahwa “jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali tiga perkara; sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.”

  • Mengajarkan untuk Rendah Hati

Sebagaimana suatu pepatah yang mengatakan “padi semakin berisi akan semakin menunduk”. Hal ini berarti bahwa semakin banyak ilmu seseorang maka Ia akan semakin rendah hati. 

Hal ini juga dijelaskan dalam suat hadist yang diriwayatkan oleh At Tabrani yang artinya “Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketengan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya.”  Mempelajari ilmu tidak hanya belajar untuk mengetahui sesuatu. 

Seorang Muslim juga harus belajar mengenai adab menuntut ilmu. Adab menuntut ilmu juga bisa diajarkan sejak dini sehingga anak-anak mulai belajar sopan santun, memiliki akhlak yang baik serta tidak sombong sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Mengejar ilmu hingga setinggi mungkin akan memberikan berkah dan manfaat yang luar biasa. Menuntut ilmu atau belajar di era saat ini sudah sangat mudah sekali. Anda bisa belajar secara online maupun offline. 

Dengan adanya peningkatan di dunia teknologi, memungkinkan siapa saja belajar dari manapun dan kapanpun melalui berbagai macam platform. 

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *