Microsoft Surface 5
Seiring dengan peluncuran Windows 10 S, Microsoft juga merilis perangkat laptop pertama mereka yang juga mengusung sistem operasi tersebut. 
Perangkat tersebut yaitu Microsoft Surface Laptop. Berbeda dengan Surface Pro maupun Surface Book yang termasuk kedalam perangkat Hybrid sehingga bisa dilepas. 
Microsoft Surface merupakan sebuah laptop yang memiliki kemiripan dengan MacBook. Surface Pro memang diciptakan dengan mengutamakan aspek fleksibilitas dan Surface Book lebih difokuskan kepada performa yang terbaik. 
Sedangkan Microsoft Surface Laptop lebih menitikberaktkan pada portabilitas. Hal ini didukung dengan bodi aluminiumnya yang memiliki ketebalan hanya 14,5 mm dan berat 1,25 kg. 
Microsoft Surface Laptop bahkan dianggap sebagai pembunuh Macbook karena memiliki bodi yang lebih ringan, tipis dan dapat dibawa kemana-mana bahkan didalam tas dengan kapasitas minimum serta performa yang lebih gahar. 
Microsoft Surface Laptop secara terang-terangan menantang MacBook untuk memikat hati para penggunanya.
Microsoft Surface Laptop merupakan perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi Windows 10 S. Windows ini pada dasarnya merupakan versi ringan dari Windows 10 yang memiliki keunggulan pada performa dan keamanan. 
Sistem operasi ini bisa diupgrade ke Windows 10 Pro dengan biaya USD 49.99 untuk pengguna yang bukan pelajar dan gratis untuk pelajar. 
Prosesor dari laptop ini tidak bisa diremehkan begitu saja karena Microsoft Surface Laptop mengusung prosesor Core i5 atau Core i7 yang merupakan generasi ke 7 dari keluarga Kaby Lake. 
Prosesor ini juga dilengkapi dengan RAM bawaan yang memiliki kapasitas 4 GB dan dapat diupgrade hingga kapasitas 16 GB. 
Media penyimpanan yang dimiliki Microsoft Surface Laptop menyediakan beberapa pilihan yang sama dengan MacBook, yaitu 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB. 
Media penyimpanan ini menggunakan SSD yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Microsoft Surface Laptop memiliki port USB 3.0, headphone jack, MiniDisplay port, dan konektor daya Microsoft yang dapat terhubung dengan asesoris Surface.
Ukuran layar Microsoft Surface Laptop merupakan yang paling banyak dicari oleh para pebisnis, mahasiswa hingga remaja, yaitu 13,5 inci. 
Layar ini memiliki resolusi 2256 x 1504 pixel yang menghasilkan gambar lebih tajam, hidup dan cerah jika dibandingkan dengan perangkat hybrid Microsoft Surface Pro. 
Layar Microsoft Surface Laptop telah dibekali dengan teknologi touchscreen Pixelsense dengan rasio 3:2 yag dilapisi dengan kaca Gorilla Glass. 
Teknologi touchscreen ini dapat menerima input sentuhan 10 titik sekaligus. Sehingga para pengguna tidak akan merasakan lag saat menyentuhnya. 
Dengan performanya yang gahar ini, Microsoft Surface Laptop juga dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya tahan lebih unggul. 
Baterai Microsoft Surface Laptop memiliki daya tahan hingga 14,5 jam pemakaian. Daya tahan ini lebih besar bila dibandingkan MacBook yang hanya dapat bertahan sampai 13 jam pemakaian saja.
Microsoft Surface Laptop memang dirancang untuk para pelajar. Namun Microsoft tetap mengedepankan estitika pada perangkatnya yang satu ini. 
Saat Microsoft Surface Laptop dibuka, pengguna akan mendapatkan keyboard yang berbeda dnegan laptop pada umumnya. 
Keyboard Microsoft Surface Laptop mengusung konsep backlit, dimana keyboard ini dilapisi menggunakan bahan yang mirip dengan kain Alcantara yang memiliki kesan mewah. 
Selain keyboard, kain Alcantara ini juga terdapat disekitar trackpadnya. Kain Alcantara sendiri merupakan kain khusus yang didatangkan langsung dari Italia. 
Kain ini membuat keyboard pada Microsoft Surface Laptop terasa nyaman dan hangat saat digunakan untuk mengetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *