Seperti yang sudah diketahui, dengan semakin majunya perkembangan zaman yang  serba canggih dan modern ini tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya teknologi. Dan teknologi  pada saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung segala aktivitasnya sehari-hari supaya lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang beberapa teknologi ramah lingkungan yang sangat bermanfaat sebagai berikut :

1. Konversi Panas Laut

Teknologi ramah lingkungan yang pertama, ada teknologi bernama OTEC yang mampu mengkonversikan energi termal laut menjadi listrik. Dengan perbedaan suhu antar permukaan laut, mampu menjalankan turbin dan dapat menggerakan generator. Tetapi masalahnya, teknologi ini masih kurang efisien. Selain itu juga, tenaga surya terbesar di bumi ini adalah air laut. Departemen Energi Amerika serikat (AS), menyebutkan bahwa laut mampu menyerap panas surya yang setara dengan energi yang dihasilkan 250 miliar barel minyak per harinya.
teknologi ramah lingkungan

2. Energi Gelombang Laut

Teknologi ramah lingkungan yang kedua adalah energi gelombang laut. Gelombang dapat menyimpan energi besar yang dapat menggerakkan turbin-turbin, sehingga dapat menghasilkan listrik. Tetapi problemnya, adalah agak sulit untuk memperkirakan kapan gelombang laut cukup besar sehingga memproduksi energi yang cukup.

3. Bioremidiasi

Proses bioremidiasi memanfaatkan mikroba dan tanaman untuk membersihkan kontaminasi. Dan salah satunya adalah dengan membersihkan kandungan nitrat dalam air dengan bantuan mikroba, atau memakai tanaman untuk menetralisir arsenik dari tanah. Selain itu, beberapa tumbuhan asli ternyata mempunyai faedah untuk membersihkan bumi kita dari aneka polusi.

4. Buku Elektronik

Buku elektronik atau surat elektronik atau lebih dikenal dengan e-book dan email dapat memberikan kontribusi sangat berarti pada kelangsungan hidup. Dengan teknologi ini, tentunya produksi kertas dapat ditekan. Sehingga, kita tidak perlu untuk menebang terlalu banyak pohon.

5. Teknologi Kompor Tenaga Surya

Teknologi kompor tenaga surya merupakan sebuah kompor yang di rancang dengan menggunakan energi matahari sebagai sumber utamanya. Kompor tenaga surya ini, bisa dijadikan sebagai sumber energi untuk memasak sehari-hari di saat harga minyak tanah, gas dan kayu sangat tinggi.

6. Teknologi Hibrida

Teknologi hibrida ini dapat membantu untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, dan sekaligus dapat menjadikan perusahaan pembuat mobil dapat memenuhi ambang batas emisik karbondioksidan (Co2).

7. Kompor Biogas

Kompor biogas ini, menggunakan energi biogas yang berasal dari hasil samping pembuatan kompor secara anaerob/kotoran ternak. Selain itu juga, gas ini sebagian besar mengandung metana dan karbondioksida. Untuk cara pembuatannya yaitu dengan cara fermentasi yang dibantu dengan mikroorganisme, terutama bakteri metan.

Keren-keren kan? Semoga dengan banyaknya penemuan-penemuan baru di bidang teknologi, kehidupan manusia bisa menjadi semakin mapan dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *