Rasanya kurang afdol jika mengunjungi ke suatu tempat tetapi tidak mencicipi makanan khas nya. Begitupun tempat-tempat di Indonesia yang memiliki makanan khasnya masing-masing. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali akan coba membahas tentang 7 makanan khas dan asalnya di Indonesia sebagai berikut 

  1. Kerak Telor

Telor kerak menjadi salah satu makanan pavorit dan disukai warga Jakarta, lantaran rasanya yang gurih dan lezat. Makanan khas Betawi ini terbuat dari bahan-bahan seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering hingga menjadi serundeng, kemudian ditambah bawang goreng, lalu diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya. 

Yang membuat makanan ini cukup unik adalah cara memasaknya. Dimana, telur yang dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo kemudian dibiarkan hingga matang sehingga menjadi kerak.  

  1. Jagung Bose

Jagung Bose merupakan makanan khas NTT yang biasa dikonsumsi sebagai masyarakat setempat sebagai pengganti nasi. Pada umunya Jagung Bose ini terdiri dari jagung dan kacang-kacangan yang dimasak dengan santan.

  1. Jaje Tunjak Lapis Poteng

Makanan khas NTB ini memiliki daya tarik dengan citarasa yang khas tersendiri. Selain itu, Jaje Tunjak Lapis Poteng ini biasanya dikonsumsi untuk cemilan saja. Jaje Tunjak Lapis Poteng ini terbuat dari bahan ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, lalu dikukus dan ditambahkan sedikit garam. Sedangkan Poteng sendiri adalah tape ketan yang pada proses pembuatannya dipadukan dengan perasan daun

  1. Gepuk Karuhun

Rasanya yang enak dan lezat sangat cocok untuk dijadikan menu utama makanan anda saat berkunjung ke Bogor. Gepuk Karuhun ini merupakan jenis makanan yang sudah turun temurun dari nenek moyang dan masih eksis hingga sekarang. Sebenarnya Gepuk Karuhun ini mirip dengan empal namun beda dalam pengolahnnya. 


Baca juga: Resep MPASI Olahan Bubur Daging Sapi, Enak Banget !

  1. Yangko

Makanan khas Jogja yang tidak boleh anda lewatkan untuk dicicipi maupun dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Kota Jogja adalah Yangko. Makanan oleh – oleh Khas Jogja ini biasanya dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi. Yangko ini memiliki bentuk khas yang tidak pernah berubah sejak dulu, yakni berbentuk kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Selain itu, makanan ini memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih, karena ditaburi dengan tepung khas yang menjadi ciri khas dari Yangko.

  1. Tempe Mendol

Salah satu makanan khas Malang yang wajib anda coba adalah Tempe Mendol. Mendol ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok (mendol). Biasanya tempe mendol ini disajikan sebagai lauk atau bisa dimakan langsung sebagai menu utama. Selain itu, Tempe Mendol ini memiliki tekstur yang lebih padat. Untuk bisa menikmati Tempe Mendol ini anda bisa mencarinya di penjual pecel. Pada umumnya penjual nasi pecel juga menyuguhkan tempe mendol ini sebagai pelengkap. 

  1. Tahu Gejrot

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat populer dan disukai banyak orang adalah tahu gejrot. Makanan ini sangat cocok bagi anda para pecinta kuliner dengan rasa yang pedas. Karena memang makanan yang berasal dari Cirebon ini biasanya dimakan dengan kuah pedas.

Berbeda dengan tekstur tahu Sumedang yang isinya penuh, namun tahu gejrot ini memiliki isi yang agak kosong. Hal ini bertujuan supaya kuah dan bumbu-bumbu cair lainnya bisa meresap ke dalam tahu lebih cepat. 

Baca juga: 2 Resep Bumbu Sate Kambing Yang Enak Dan Lezat

Sumber: https://tipscantikan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *