Jika direnungkan kembali, ternyata ada fakta menarik dari karyawan kantoran yaitu mereka mungkin  memiliki gaji kecil, tetapi sebagian dari mereka memiliki banyak waktu luang. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan banyak waktu luangnya itu secara optimal, padahal mereka bisa memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan usaha sampingan. 

Sebenarnya kamu ingin menjalankan usaha sampingan untuk mengisi waktu luang, tetapi masih bingung akan menjalankan usaha yang seperti apa, apalagi kamu merasa modalnya belum cukup. Jangan bingung, karena berikut dibawah ini ada rekomendasi 3 ide usaha sampingan minim modal yang perlu kamu coba, diantaranya yaitu :

Buka Jasa Cuci Motor Atau Mobil

Usaha cuci motor atau mobil ini sepertinya tidak pernah sepi. Terbukti dari banyak orang yang rela antri hingga berjam jam untuk mendapatkan giliran. Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini relatif terjangkau. Sebagai pemula, sebaiknya kamu memulainya dengan membuka usaha cuci motor dulu. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga bisa dibilang cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, serta peralatan semir ban motor. 

Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik bisa menjadi usaha sampingan menjanjikan bagi seorang karyawan. Pasalnya teman kantor, teman kos, dan lainnya merupakan pangsa pasar yang tepat dan menggiurkan. Modal untuk memulai usaha ini relatif kecil yaitu mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 1 jutaan. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah, karena kamu bisa menjadikan teman dan tetangga sebagai pelanggan setiamu. 

Menjual Aneka Kue

Jika kamu punya hobi atau gemar memasak kue, maka bisa menjadikan hobimu itu sebagai usaha sampingan yang menjanjikan. Kamu bisa membuat kue di sore hari setelah pulang kerja, nantinya kue kue buatanmu itu bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga disekitar tempat tinggal. Kue yang dijual bisa berupa kue basah atau kue kering. Tidak perlu menyiapkan modal besar untuk memulai usaha ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *