Kokohpedia.com – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mencari sebuah pekerjaan di zaman sekarang ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Ya, hal itu juga tidak terlepas dari minimnya lapangan pekerjaan, yang tidak diimbangi dengan jumlah calon pelamar kerja yang begitu banyak. Itu sebabnya, mengapa kita dipaksa untuk bersaing ketat dengan calon pelamar kerja lainnya.

Dalam urusan melamar pekerjaan, tentunya kita akan menghadapi dulu proses interview sebelum diterima di perusahaan yang kita lamar tersebut.

Nah, bagi anda yang hendak melamar ke berbagai perusahaan, berikut di bawah ini ada beberapa tips interview kerja yang harus anda coba:

1. Penampilan

Penampilan merupakan salah satu hal yang sangat penting pada saat interview kerja. Karena penampilan ini merupakan hal pertama yang dilihat oleh interviewer.

Untuk itu pada saat mau interview anda harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti menggunakan pakaian yang rapih, menggunakan sepatu tertutup, memakai parfum supaya aroma tubuh tetap segar, rapihkan kuku, tidak bau mulut, dan lain sebagainya.

Untuk pria misalnya harus menggunakan kemeja tangan panjang dengan warna soft serta celana warna gelap, gunakan dasi yang sesuai dengan kemeja yang dipakai, gunakan sepatu pantofel dengan kaos kaki warna gelap.

Sedangkan untuk perempuan harus menggunakan kemeja warna soft serta memakai blazer dengan warna hitam, hindari warna yang terlalu mencolok, gunakan make up sewajarnya, tatanan rambut yang rapih, gunakan sepatu pantofel dengan tinggi 5 cm.

2. Body Language

Pada saat memasuki ruangan interview, anda harus berjalan dengan tubuh tegap, ramah dan anggun serta kedua tangan mengibas dengan leluasa.

Lalu sodorkan tangan sambil tersenyum terlebih dahulu. Sapalah  interviewer dengan kata bapak/ibu dan jangan duduk kalau belum dipersilahkan.

3. Sikap Berdiri Dan Sikap Duduk

Pada saat berdiri badan anda harus tegap dan tidak membungkuk, kedua tangan di samping harus selalu sikap siaga serta pandangan mata ke depan (kontak mata), tidak boleh ada gerakan yang tidak perlu seperti menggaruk atau menepuk-nepuk meja.

Sedangkan pada posisi duduk badan harus tetap tegap, tidak boleh menyender di kursi, posisi tangan berada di bawah jangan di atas meja, pandangan mata ke depan, bicara dengan rileks jangan gugup.

Itulah beberapa tips interview saat melamar kerja. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba tips tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *