Mi Pad 4
Xiaomi merilis tablet Mi Pad 4 yang merupakan tablet generasi terbaru pada hari ini (Senin, 25 Juni 2018).

Tablet ini dirilis setelah Xiaomi vakum cukup lama setelah peluncuran Mi Pad 3 pada tahun 2017 lalu.

Xiaomi terbilang sangat percaya diri dalam merilis tablet terbarunya ini. Hal ini dikarenakan saat ini pasar tablet bisa dibilang cukup sepi dengan ditandai minimnya OEM yang memproduksi tablet.

Kebanyakan vendor sekarang ini lebih banyak fokus pada produk smartphone dengan layar yang semakin besar (phablet).

Tablet Mi Pad 4 ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan ditujukan untuk pasar kelas menengah.

Tablet ini diproduksi dengan balutan casing berbahan logam dengan ukuran 8 inci. Untuk ukuran layar, tentunya Mi Pad 4 memiliki ukuran layar yang besar karena merupakan produk yang berbentuk tablet.
Menurut XDA Developers, Mi Pad 4 mengusung layar LCD panel atau yang disebut sebagai OLED yang memiliki aspek rasio 18:9 dan beresolusi Full HD.

Layar ini memiliki tingkat kerapatan pixels sebesar 320ppi. Tampilan dari layar dengan rasio 18:9 ini memang cukup aneh karena terlihat memanjang.

Namun dengan tampilan ini juga, para pengguna dapat mengoperasikan Mi Pad 4 hanya dengan menggunakan satu tangan serta tidak membutuhkan banyak ruang.

Untuk dapur pacunya, Mi Pad 4 dibekali dengan prosesor Chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core (Quad core 2.2GHz Kyro + Quad 1.8 GHz Kyro) dengan layar IPS 1920 x 1200 pixels.

Prosesor ini sudah dilengkapi dengan pengolah grafis Adreno 512. Sedangkan untuk RAM, pengguna dapat memilih tiga varian yang ditawarkan oleh Xiaomi, yaitu :

Mi Pad 4 versi pertama memiliki RAM 3GB yang dibandrol dengan harga 1.099 yuan atau sekitar RP 2,3 juta.

Mi Pad 4 versi kedua memiliki RAM 4GB dan dilengkapi dengan media penyimpanan internal dengan kapasitas 64GB.

Tablet versi kedua ini hanya mendukung Wi-Fi Only dan dibandrol dengan harga  1.399 yuan atau setara dengan Rp 3 juta.


Mi Pad 4 versi ketiga memiliki RAM 6GB dan media penyimpanan hingga 128GB. Versi yang terakhir ini dilengkapi dengan tambahan konektivitas Wi-Fi, 4G LTE dan GPS yang dihargai dengan 1.499 yuan atau setara dengan Rp 3,2 juta.


Mi Pad 4 sudah menjalankan sistem operasi OS Android versi terbaru yaitu 8.1 Oreo. Tablet ini juga sudah menggunakan User Interface MIUI 9 yang merupakan produk buatan Xioami sendiri. 

Tablet Mi Pad 4 juga menggunakan dengan kamera belakang dengan resolusi 13MP yang dilengkapi dengan sensor OmniVision OV13855 dan bukaan f/2.0.

Sedangkan pada kamera depan, Mi Pad 4 mengusung kamera dengan resolusi 5MP dan sensor Samsung S5K5E8 dengan bukaan f/2.0.

Kamera depan ini sudah didukung dengan fitur Face Recognition untuk kegiatan selfie. Xiaomi sepertinya tidak ingin mengikuti tren saat ini.

Dimana gadget sekarang menggunakan model dual kamera dan perekaman dengan resolusi 4K.

Hal ini masih bisa dianggap wajar karena pada dasarnya tablet memang hanya digunakan untuk browsing, membaca buku elektronik, maupun melihat film.

Jarang sekali tablet yang digunakan untuk urusan fotografi. Mi Pad 4 ini menggunakan baterai yang bisa membuat power bank langsung minder karena berkapasitas 6000 mAh dan tergolong cukup besar untuk ukuran sebuah tablet.

Baterai ini didukung dengan fitur Quick Charge 4.0 berkat penggunaan prosesor Snapdragon 660. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *