Penyebab Pria Memiliki Ciri-ciri Kulit Kusam, Apa Saja? Baca di Sini!

Sumber: Kumparan

Apa Anda tahu bahwa yang bisa memiliki ciri-ciri kulit kusam bukan hanya wanita saja? Sama seperti wanita, pria juga bisa mengalami ciri-ciri kulit kusam, artikel ini akan membahas apa yang menjadi penyebabnya. 

Polusi

Sumber: Liputan6.com

Polusi yang terjadi dimana-mana adalah salah satu penyebab terjadinya ciri-ciri kulit kusam, bahkan bisa sampai menyebabkan kanker kulit. Dalam udara yang tercemar, banyak zat yang berbahaya yang bisa merusak kulit. 

Selain menjadikan kulit kusam, polusi juga bisa membuat kulit menimbulkan banyak sekali jerawat. Hal ini terjadi karena kelenjar minyak pada kulit tersumbat akibat debu yang terkandung pada polusi. 

Diet Berkualitas Rendah 

Sumber: KlikDokter

Diet yang memiliki kualitas rendah bukannya membuat sehat, tapi malah membuat tubuh kekurangan mineral dan vitamin yang harusnya dibutuhkan tubuh. Kekurangan vitamin bisa menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti kulit sensitif, kulit kering, dan kulit menjadi kusam. 

Kurang Tidur 

Sumber: Kompas.com

Kurang tidur ini menyebabkan gagalnya mempertahankan kadar air yang ada di dalam tubuh, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi kulit bahkan kondisi tubuh. Kurang tidur juga mengakibatkan kulit di bawah mata menjadi lebih gelap dan mengganggu penampilan. 

Kurang tidur juga bisa membuat risiko wajah berjerawat menjadi meningkat. Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang akan meningkatkan ketika tubuh kekurangan istirahat. 

Pola Makan Buruk

Sumber: Detikfood

Makanan yang dimakan juga bisa menyebabkan timbulnya ciri-ciri kulit kusam. Sering-seringlah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi juga antioksidan alami yang mendukung kesehatan kulit. 

Menjaga kulit bisa juga dengan memakan sayur dan buah yang memiliki warna cerah. Karena sayur dan buah ini mengandung banyak sekali antioksidan alami.

Baca juga: Hal Menarik dari Motor C70

Pesta Tidak Sehat

Sumber: Medcom.id

Ketika meminum minuman yang mengandung alkohol, maka kulit akan mengering, juga seluruh tubuh. Alkohol juga bisa membuat kulit menjadi tegang karena memberikan tekanan terhadap kulit. 

Selain itu, alkohol juga mampu membuat pori-pori kulit menjadi lebar, menimbulkan komedo hitam juga komedo putih. Kemudian dampak dari alkohol adalah kulit yang menjadi kekeringan, bengkak, dan keriput. 

Merokok

Sumber: Kompas.com

Kebiasaan merokok bisa membuat penyempitan pada pembuluh darah, akibatnya kulit akan kekurangan nutrisi dan oksigen. 

Bahan kimia yang terdapat pada asap tembakau bisa menurunkan elastisitas, produksi kolagen, juga vitamin A pada kulit. Kulit yang mulai berkerut karena merokok bisa saja terjadi pada seluruh tubuh. Karena itulah, merokok menjadi penyebab timbulnya ciri-ciri kulit kusam.

Stres

Sumber: Hermina Hospital

Ketika mengalami stres, akan menimbulkan respon kimia pada tubuh yang menghasilkan kulit menjadi sensitif. Saat stres juga tubuh akan membuat lebih banyak hormon kortisol. 

Stres juga mempengaruhi jumlah produksi minyak yang terjadi pada kulit. Sebab itulah stres memiliki posisi cukup besar yang membuat kulit menjadi kusam. 

Kurang Berolahraga

Sumber: Dokter Sehat

Ketika tubuh tidak berolahraga dan membuat sel-sel dalam tubuh menjadi kurang aktif maka akan mempengaruhi kulit juga. Ketika melakukan olahraga, sel yang ada dalam tubuh membuat proses metabolisme menjadi lebih cepat dan juga membuat hormon menjadi seimbang. 

Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, dan keringat ini akan keluar bersama kotoran yang membuat kulit bersih. Karena itulah, saat tubuh kurang berolahraga akan berdampak pula terhadap kesehatan kulit. 

Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel di atas, memang cukup banyak sekali penyebab kulit menjadi kusam. Karena itu, diharapkan artikel ini dapat membantu Anda menjadi lebih tahu, juga lebih mengerti jika kebiasaan buruk harus diubah demi menjaga kesehatan kulit. 

Baca juga: Tips Beli Hand Blender Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *