sumber : Disway

Gmail telah menjadi platform email yang sangat populer, digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, ada kalanya email penting dapat terhapus secara tidak sengaja, yang dapat mengakibatkan kehilangan data yang berharga. Untungnya, ada beberapa langkah proaktif yang dapat diambil dari cara mencegah email dihapus yang tidak diinginkan.

Aktifkan Konfirmasi Penghapusan

  1. Langkah 1: Buka Pengaturan Gmail: Pergi ke pengaturan Gmail dengan mengklik ikon roda gigi di kanan atas layar dan pilih “Lihat semua pengaturan”.
  2. Langkah 2: Pilih “Umum” dan “Konfirmasi Penghapusan”: Di tab “Umum”, cari opsi “Konfirmasi penghapusan” dan pastikan opsi ini diaktifkan. Dengan mengaktifkan ini, Gmail akan meminta konfirmasi saat Anda menghapus email, memberi kesempatan untuk membatalkan penghapusan jika terjadi secara tidak sengaja.

sumber : Kompas

Manfaatkan Folder dan Label

  1. Penggunaan Folder/Folder Penting: Buat folder khusus untuk email penting. Misalnya, “Dokumen Penting” atau “Arsip Finansial”. Dengan membuat folder khusus, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses email-email yang krusial bagi Anda.
  2. Penggunaan Label: Selain folder, gunakan label untuk menandai email penting. Label memungkinkan Anda untuk menandai dan mengkategorikan email sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA : Berikut 7 Alasan Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload

Penyimpanan Email Penting di Google Drive atau Lokasi Penyimpanan Cloud Lainnya

  1. Lampiran Penting: Jika ada lampiran atau dokumen penting yang dikirim melalui email, pertimbangkan untuk menyimpan salinan di Google Drive atau penyimpanan cloud lainnya. Hal ini memberikan cadangan yang aman dan meminimalkan risiko kehilangan data.
  2. Proses Otomatis dengan IFTTT: Gunakan layanan seperti IFTTT untuk mengotomatiskan penyimpanan lampiran tertentu ke Google Drive atau penyimpanan cloud lainnya. Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan backup secara otomatis.

Rutin Mengosongkan Sampah dan Spam

sumber : ISMAFAHREEN

  1. Mengosongkan Folder Sampah dan Spam Secara Berkala: Email yang terdapat di folder sampah atau spam biasanya akan dihapus secara otomatis setelah beberapa waktu. Namun, Anda dapat mengosongkan folder ini secara manual secara berkala.

Menerapkan Keamanan Akun Gmail

  1. Verifikasi Langkah Keamanan: Pastikan Anda telah mengatur verifikasi dua langkah untuk akun Gmail Anda. Hal ini akan membantu melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah, sehingga mengurangi risiko penghapusan email oleh pihak yang tidak berwenang.

Menghindari kehilangan email penting di Gmail membutuhkan langkah-langkah proaktif dalam pengaturan dan manajemen email Anda. Dengan mengaktifkan konfirmasi penghapusan, memanfaatkan folder, label, penyimpanan cloud, serta menjaga keamanan akun, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan data yang berharga. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat lebih tenang dan yakin bahwa email penting Anda di Gmail terlindungi dengan baik.

BACA JUGA : Cara Membuat Paragraf Menjorok di Google Docs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *