sumber : detik

Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bukan hanya dikenal karena keindahan alamnya, tetapi juga oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik. Kunjungan Anda ke Pangkalpinang tidak akan lengkap tanpa membawa pulang beberapa oleh-oleh khas daerah ini. Mari kita eksplor beberapa produk yang dapat menggoda lidah Anda dan menjadi kenang-kenangan indah dari perjalanan Anda.

Pangkalpinang, sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memanjakan pengunjung dengan beragam oleh-oleh khas yang menjadi kenang-kenangan. Berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalpinang:

1. Kemplang

Kemplang, kerupuk khas Bangka, dibuat dari ikan tenggiri atau jenis ikan lainnya. Selain itu, memiliki rasa gurih dan renyah, kemplang dalam berbagai variasi, termasuk kemplang asin, kemplang manis, dan kemplang goreng.

2. Bong Li Piang

Bong Li Piang adalah kue tradisional Bangka yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dengan selai nanas. Kue ini memiliki kombinasi rasa manis, gurih, dan sedikit asam yang khas.

3. Kue Rintak

sumber : Babel

Kue Rintak, juga merupakan kue khas Bangka, terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi oleh-oleh yang paling laris.

4. Terasi Toboali

BACA JUGA : Keindahan Taj Mahal, Warisan Dunia yang Tak Terlupakan

Terasi Toboali adalah jenis terasi khas Bangka terbuat dari udang rebon. Dengan rasa yang gurih dan aroma khas, terasi Toboali menjadi bumbu khas yang dapat memberikan sentuhan istimewa pada masakan.

5. Ampiang

Ampiang adalah camilan khas Bangka yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Kelezatan rasa manis dan gurih membuat ampiang menjadi pilihan yang cocok sebagai oleh-oleh.

6. Sirup Jeruk Kunci

sumber : Tokopedia

Sirup Jeruk Kunci adalah minuman khas Bangka yang dibuat dari jeruk kunci, gula merah, dan air. Memiliki rasa segar dan manis, sirup ini menjadi pilihan yang menyegarkan untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Kacang Oven

Kacang Oven adalah kacang tanah yang dipanggang dengan bumbu-bumbu khas Bangka. Selian itu, kacang ini memiliki rasa gurih dan manis yang menggugah selera.

Oleh-oleh khas Pangkalpinang dapat diperoleh di berbagai tempat, termasuk pasar tradisional, pusat oleh-oleh, dan toko-toko souvenir. Pilihlah oleh-oleh favorit Anda untuk membawa pulang potongan kecil dari kekayaan kuliner Bangka Belitung.

Pangkalpinang menyuguhkan beragam oleh-oleh yang tak hanya menggoda selera, tetapi juga membawa kenangan manis perjalanan Anda. Sebelum meninggalkan kota ini, pastikan untuk menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas Pangkalpinang ini.

BACA JUGA : 10 Tempat Nongkrong di Cirebon yang Buka 24 Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *