5 oleh oleh di gunungkidul

5 oleh oleh di gunungkidul

Gunungkidul adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kabupaten ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai-pantai yang memukau. Selain itu, Gunungkidul juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Berikut adalah lima oleh-oleh khas Gunungkidul yang dapat Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Wisata Kuliner di Gunungkidul: 5 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dicoba

5 oleh oleh di gunungkidul
Gunungkidul, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, Gunungkidul juga memiliki beragam kuliner khas yang patut dicoba. Jika Anda berkunjung ke Gunungkidul, jangan lupa untuk mencicipi lima oleh-oleh khas yang akan membuat perjalanan Anda semakin berkesan.

1. Gatot

Pertama, ada “Gatot” atau nasi kucing. Nasi kucing merupakan makanan ringan yang terdiri dari sepiring nasi kecil yang disajikan dengan lauk pauk seperti sambal, ikan asin, telur, dan tempe. Nasi kucing ini biasanya disajikan dalam porsi kecil dan bisa dinikmati dengan satu suapan. Rasanya yang gurih dan pedas membuat nasi kucing menjadi oleh-oleh yang sangat populer di Gunungkidul. Anda bisa menemukan nasi kucing di warung-warung makan atau pedagang kaki lima di sepanjang jalan.

2. Klepon

Kedua, ada “Klepon”. Klepon adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah cair. Makanan ini kemudian direbus dan dilapisi dengan parutan kelapa. Klepon memiliki rasa manis dan lezat, serta tekstur yang kenyal. Oleh-oleh ini bisa Anda temukan di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Gunungkidul.

FOODLORE Mengenal Sejarah Klepon, Kue Mungil Nan Legit - Universitas Ciputra

sumber : ciputra 

3. Bakpia

Selanjutnya, ada “Bakpia”. Bakpia adalah kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau, cokelat, keju, atau kacang tanah. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Bakpia menjadi oleh-oleh yang populer di Gunungkidul dan bisa Anda temukan di toko oleh-oleh atau pusat oleh-oleh di daerah ini.

BACA JUGA : 7 Oleh-Oleh Khas Pangkalpinang yang Wajib Dibawa Pulang

4. Geplak

Keempat, ada “Geplak”. Geplak adalah makanan tradisional yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah dan santan. Makanan ini kemudian dibentuk bulat dan dilapisi dengan kelapa parut. Geplak memiliki rasa manis dan gurih, serta tekstur yang kenyal. Anda bisa menemukan geplak di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Gunungkidul.

5. Keripik Tempe

Resep Keripik Tempe Tapioka, Renyahnya Juara | Endeus.TV

sumber : Endeus Tv 

Terakhir, ada “Keripik Tempe”. Keripik tempe adalah makanan ringan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Makanan ini memiliki rasa gurih dan garing yang membuatnya menjadi oleh-oleh banyak orang. Anda bisa menemukan keripik tempe di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Gunungkidul.

6.  Oleh-Oleh Kerajinan

Gunungkidul juga terkenal dengan kerajinan tangan seperti anyaman bambu, keramik, dan patung dari batu alam. Oleh-oleh di Gunungkidul ini bisa menjadi pilihan unik dan bernilai seni. Selain itu, terdapat berbagai macam souvenir yang bisa dibeli di Gunungkidul, seperti kaos, gantungan kunci, atau magnet kulkas dengan motif khas daerah tersebut.

Itulah lima oleh-oleh khas dari Gunungkidul yang wajib Anda coba saat berkunjung ke daerah ini. Selain sebagai oleh-oleh, makanan-makanan ini juga merupakan bagian dari budaya dan tradisi kuliner Gunungkidul. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Gunungkidul ini saat Anda berada di sana. Selamat menikmati!

BACA JUGA : 6 Oleh – Oleh Khas Trenggalek yang Wajib Dibawa Pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *